Rabu, 19 Februari 2014

Waktumu Sangatlah Berharga

Kalau udah liat jam heboh sendiri.
Hah udah jam segini? Aduh belum ngerjain PR lagi, aduh susah lagi, ah males, gak usah deh. Main game aja ah! hayo ngaku? Tapi kenapa bawaannya males sih kalau yang namanya waktu itu buat hal yang ngebosenin. Waktu yang kita gunain itu banyak yang harus dilakukan, bukan sekedar makan, tidur, main. Apa kalian gak tau ya? Adek/Kaka/Orang tua sakit, apa kalian pernah peduli sesering peduli main game? Kayaknya nggak tuh.
Dari kita disuruh bersih bersih rumah. "Ah males!" Disuruh buat beliin obat. "Bentar!" Ujung ujungnya juga gak jadi kan?
bangun telat, sarapan sedikit, pamitan, berangkat siang, telat. Ngapain kalau mau belajar tapi males belajarnya? Telat kenapa? Begadang semalam? Main game semalam? Apa gak belajar? Apa nggak bantuin keluarga yang mungkin lagi kesulitan.

Kalau orang tua udah gak ada?
Dulu kita disuruh ini itu buat bantuin orang tua. dulu kita juga sering dibeli ini itu, dan dikasih uang jajan. Makan dibuatin, bersih bersih masih orang tua yang ngejalanin, ini itu akan terjadi kalau disuruh orang tua. Kenapa gitu? Tapi kalau rajanya main, makan, tidur, tanpa disuruh dan tanpa ba-bi-bu lagi udah langsung tancap gas. Kalau kita sakit, orang tua rela beliin anaknya obat dari toko ke toko, orang tua selalu kasih dan ingetin makan agar tepat waktu. Tapi kalau orang tua yang sakit? Ah bentar dulu deh beli obatnya, ah males beli obatnya. Orang tuanya belum makan juga dibiarin aja. Tapi kalau sekarang udah gak ada, apa kalian gak nyesel? nyesel kan? padahal cuma disuruh ini itu yang sederhana dan gak repot repot dan berlebihan, tapi udah ngeluh.
Kalau belajar boongan dan nunggu disuruh
Belajar sih boleh aja kalau jarang jarang, tapi harus smart juga dong! Kalau belajar nunggu disuruh apa gak lama tuh nunggu disuruhnya? Kalau belajarnya boongan apa gak sakit apa perasaan orang tua kalian? Baca buku pelajaran sambil duduk di pojokan tembok, ternyata buku pelajarannya cuma keliatan dari luar, padahal dalemya lagi baca novel/komik. Apa gak khawatir sama nilai sendiri? Waktu aja masih digunain baca komik atau novel, kapan waktunya diberi untuk belajar? kasian tuh bukunya. Buku dibeli buat apa coba? tatakan mouse waktu lagi main laptop/komputer ?
Ditegur cuma ngangguk aja
Ditegur sama guru atau orang tua karena kamu bandel dan nakal pasti hanya mengangguk, tapi apa hatinya juga begitu? Kayaknya gak deh. Guru negur karena nilai kalian turun, dan kamu hanya mengangguk? Ckck. Teganya sama nilai sendiri. Orang tua negur karena main terus, tapi masih mengangguk saja? Coba minta orang tua kamu untuk menyita game mu! Ya, coba aja sedikit dikit. Apa gak bosen main mulu?
Kalau udah begini mau gimana lagi coba?
Hayo... rasakan sebabnya. Sekarang nilai sudah menurun, buku sudah hancur dijadikan mainan, gamemu sudah disita tanpa kamu yang meminta dan gamemu entah disimpan dimana, orang tua sudah tak ada, sekarang gimana perasaanmu? Pengen memutar waktu ya? Hm... coba putarkan waktumu dalam mimpi. Jangan menyepelekan waktu ya? Kasihan waktunya juga (jam) dia udah lelah meladeni kamu untuk bermain game dengan lama, andai jam bisa bicara, jam juga akan menegurmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar